logo

Tips Cara Menyimpan Rendang Agar Tahan lama

Advertisement

Tips Cara Menyimpan Rendang | Hari ini saya akan mencoba memberikan sedikit tips kepada anda-anda sekalian mengenai cara menyimpan rendang. Diantara anda-anda sekalian pastinya banyak yang menyukai hidangan daging sapi ini, karena memang rasanya yang enak dan juga pas dinikmati siapa saja. Masakan rendang biasanya akan banyak dihidangkan pada saat acara hari raya idul adha, karena memang pada masa tersebut akan banyak tersedia daging kurban.

Oleh karena itu, pada saat hari raya idul adha akan banyak orang yang memasak rendang, diantara para pembaca makanbesar.com sekalian juga pastinya ada yg membuat rendang pada saat hari raya idul adha. Dan pada saat hari raya tersebut pastinya akan memasak rendang dalam porsi yang banyak, karena memang akan ada banyak yang memakan masakan tersebut. Namun bagaimana jika ternyata masakan tersebut masih banyak sisanya.

Akan terasa sayang jika kita harus membuang sisa masakan rendang yang tidak termakan tersebut, maka dari itu anda dapat menyimpan rendang tersebut agar bisa dimakan kemudian hari. Karena masakan daging ini tergolong masakan yang alami, sehingga makanan ini tidak akan mudah untuk busuk atau kadaluarsa. Sehingga kita dapat menyimpan rendang tersebut jika memang masakan rendang tersebut tidak habis dimakan setelah selesai dimasak.

Advertisement

Adapun untuk cara menyimpan rendang sendiri terbilang sangat mudah, namun apabila kita tidak mengetahui cara menyimpan rendang tersebut dengan benar. Maka masakan rendang yang anda buat tersebut akan basi dan tidak enak untuk dimakan lagi. Dan bagi anda yang sekiranya belum mengetahui bagaimana cara agar rendang tahan lama, maka alangkah baiknya jika anda melihat tips cara agar rendang tahan lama yang hari ini akan coba saya sajikan kepada anda.

Dengan anda mengetahui bagaimana cara agar rendang tahan lama tersebut, maka masakan rendang yang sekiranya tidak dimakan bisa anda simpan dan dapat anda nikmati keesokan harinya. Untuk anda yang sekiranya sudah ingin mengetahui secara lengkap bagaimana cara menyimpan rendang agar tahan lama yang pada kesempatan hari ini akan saya berikan, maka kita menyimak cara yang akan saya berikan tersebut secara lengkap dibawah ini.

cara menyimpan rendang agar tahan lama
Cara Menyimpan Rendang Agar Tahan lama

Pakai Santan Yang Berkualitas

Pada saat memasak santan yg digunakan utk rendang itu sangat mempengaruhi pada saat penyimpanannya, oleh karena itu anda harus menggunakan atau membuat santan yang berkualitas. Usahakan jika kita membuat santan yang dibuat secara alami dari pada menggunakan santan instan, dibalik santan instan tersebut biasanya akan terdapat bahan pengawet yang dpt mempengaruhi aroma dan rasa dari rendang itu sendiri. Terutama ketika rendang tersebut telah di simpan.

Oleh karena itu, alangkah baiknya jika pada saat membuat rendang, kita menggunakan santan yang dibuat sendiri. Karena hal tersebut tidak akan mempengaruhi rasa dari si rendang itu sendiri, terlebih lagi jika kita menyimpan rendang didalam freezer. Karena rasa dan aroma dari si rendang tersebut tidak akan berubah ketika dimasak dengan menggunakan santan berkualitas tinggi.

Masak Rendang Sampai Benar-Benar Kering

Rendang yang dimasak dengan kering secara benar, maka hal tersebut akan menambah waktu penyimpanan untuk rendang menjadi jauh lebih lama. Santan yang dimasak dengan waktu yang cukup lama itu tidak akan menjadi tengik, justru santan akan berubah menjadi minyak dan akan membuat rasa rendang menjadi lebih sedap. Selain itu juga akan lebih menambah waktu penyimpanan bagi rendang itu sendiri ketika anda ingin menikmatinya keesokan harinya.

Menyimpan Dalam Kemasan Kecil

Jika anda ingin menikmati rendang di keesokan harinya, atau memang rendang yang anda masak itu memiliki sisa yang cukup banyak. Maka usahakan bagi anda untuk menyimpannya dalam wadah yang kecil, baik itu wadah plastik atau bisa juga menggunakan plastik pembungkus makanan. Dengan anda menyimpan rendang pada kemasan yang kecil, maka hal tersebut akan menjadikan rendang lebih tahan lama dan tidak basi.

Menyimpan Dalam Wadah Yang Tertutup

Apabila rendang yang anda masak tersebut memang memiliki jumlah sisa yang cukup banyak, maka alangkah baiknya apabila anda menyimpannya dalam wadah yang tertutup dengan rapat. Hal tersebut agar tidak ada udara yang masuk kedalam rendang yang dapat mengubah rasa dan tekstur dari rendang itu sendiri. Dan apabila anda memutuskan untuk menyimpan dalam lemari pendingin atau kulkas, maka rasa rendang tidak akan tercampur dengan aroma makanan lainnya yang ada didalam kulkas.

Mungkin cuma itu saja untuk Tips Cara Menyimpan Rendang Agar Tahan lama yg sekiranya saya dapat berikan kepada anda-anda sekalian pada kesempatan sekarang ini, sangat mudah bukan untuk cara menyimpan rendang agar tahan lama. Jika memang anda terpaksa menyimpan rendang yang telah anda masak tersebut, maka anda sudah mengetahui bagaimana cara agar rendang tahan lama dengan melihat tips yang baru saja saya berikan diatas.

Dan bagi anda yang sekiranya ingin kembali melihat-lihat beberapa tips memasak lainnya yang sudah pernah saya berikan, maka silahkan saja bagi anda untuk mencoba kembali melihat-lihat beberapa tips lainnya yang sudah pernah saya berikan. Atau mungkin jg anda dapat mencoba utk menunggu terlebih dulu tips memasak lainnya yang akan coba terus saya sajikan untuk setiap harinya, maka dari itu tidak ada salahnya apabila anda mencoba utk kembali mengunjungi situs makanbesar.com ini.

Advertisement
Tips Cara Menyimpan Rendang Agar Tahan lama | Tukang Masak | 4.5